MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH: NARASI CERAMAH GUS BAHA DAN DERRY SULAIMAN DALAM MEMPROMOSIKAN HIDUP BERORIENTASI AKHIRAT
Keywords:
Dakwah, media sosial, konsumtif, hidup sederhana, kehidupan akhiratAbstract
Abstrak. Media sosial saat ini mengalami perkembangan yang sangat cepat. Setiap waktu, media sosial diakses dan menjadi aktivitas rutin masyarakat sehari-hari. Konten di media sosial, selain memberikan hiburan, juga dapat memberikan dampak buruk, di antaranya memengaruhi kehidupan menjadi lebih konsumtif dan hedonis. Banyak masalah yang dapat timbul dari hidup konsumtif, seperti pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatan, bahkan untuk memenuhi keinginan yang tidak sesuai dengan kemampuan, sehingga banyak yang terjebak dalam pinjaman online. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi gaya penyampaian dakwah melalui media sosial yang dilakukan oleh Gus Baha dan Derry Sulaiman. Selain itu, tulisan ini juga bertujuan untuk mengetahui relevansi konten ceramah dengan realitas masalah di masyarakat. Apakah konten ceramah tersebut dapat diterima dan efektif dalam mengurangi kecenderungan hidup mewah dan konsumtif, serta apakah konten tersebut dapat mendorong penonton untuk hidup lebih sederhana dan lebih mengutamakan kehidupan akhirat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh berupa kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Objek penelitian ini adalah ceramah Gus Baha dan Derry Sulaiman di kanal YouTube. Hasil studi menunjukkan bahwa pilihan kata pada narasi ceramah melalui media sosial yang disampaikan oleh Gus Baha dan Derry Sulaiman dapat diterima oleh masyarakat. Narasi dalam kedua ceramah tersebut juga mendorong penonton untuk hidup sederhana dan selalu mengingat kehidupan akhirat.
Kata kunci: Dakwah, media sosial, konsumtif, hidup sederhana, kehidupan akhirat.
Abstract. Social media is currently undergoing very rapid development. It is accessed constantly and has become a routine activity for people in their daily lives. While social media content provides entertainment, it can also have negative impacts, such as promoting a more consumerist and hedonistic lifestyle. Many problems can arise from a consumerist lifestyle, including spending beyond one's means, often to fulfil desires that exceed personal financial capacity, which has led many to fall into the trap of online loans. This article aims to explore the style of delivering da'wah (Islamic preaching) through social media, as practised by Gus Baha and Derry Sulaiman. Additionally, it seeks to assess the relevance of their lecture content in addressing societal problems. The study will examine whether the content is both acceptable and effective in reducing tendencies towards luxurious and consumerist living and whether it encourages viewers to adopt a simpler lifestyle while prioritizing the afterlife. This study uses a qualitative approach, as the data collected consists of words, both spoken and written. The subjects of this research are the lectures of Gus Baha and Derry Sulaiman on their YouTube channels. The results of the study indicate that the narrative style used by Gus Baha and Derry Sulaiman in their social media lectures is well-accepted by the public. Both lectures also encourage viewers to live more simply and to always keep the afterlife in mind.
Keynote: Islamic preaching, social media, consumerist, simpler lifestyle, afterlife.