Peran Religiusitas terhadap Permintaan Menabung di Bank Syari'ah
Abstract
Perkembangan perbankan syari'ah dalam satu dekade terakhir menunjukkan adanya percepatan. Meskipun demikian. pangsa perbankan syari'ah terhadap perbankan nasional masih dibawah target yang diharapkan. Kelompok masyarakat mengambang (floating mass) diduga masih mendominasi nasabah di perbankan syari'ah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji variabel penentu nasabah dalam manabung di bank syari'ah, khususnya aspek keuntungan bagi nasabah, dengan mengambil sampel masyarakat Kota Yogyakarta. Dengan pendekatan kuantitatif, regresi berganda, ditemukan bahwa faktor layanan, referensi relasi, pendidikan dan religiusitas nasabah berpengaruh positif terhadap permintaan tabungan. Di sisi lain. aspek usia, dan referensi tidak signifikan pengaruhnya terhadap permintaan tabungan di bank syari'ah.
Full text article
References
Antonio, Muhammad Syafi'i, Bank Syari'ah Suatu Pengenalan Umum. Tazkia Institute: Jakarta 2000. Askari Hossein dkk... New Issues in Islamic Finance & Economics Progress and Challenges, Wiley Finance Series. 2009
. Azvar, S. Reliabilitas dan Validitas, Sigma Alpa: Yogyakarta, 1992.
Bank Indonesia (2000), BPSES Jatengindonesia, http://www bi.go.id.
Bank Indonesia (2000). BPSES Jatimindonesia, http://www. bi.go.id.
Bank Indonesia (2002). Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syari'ah Indonesia, http://www.bi.go.id.
Bank Indonesia (2004). BPSES Jabarindonesia, http://www. bi.go.id.
Bank Indonesia (2004), Ringkasan_Eks_kalse/, http://www.bi.go. id.
Bank Indonesia (2004), Ringseksumsel, http://www.bi.go.id.
Bank Indonesia (2005), Laporan Perkembangan Perbankan Syari'ah Tahun 2005, http://www.bi.go.id.
Basu Swastha. D.H. dan T. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran
Modern. Edisi Kedua, Percetakan Liberty: Yogyakarta, 1983.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, UNDIP: Semarang, 2005.
Hendrianto, M.B., Pengantar Ekonometrika Mikro Islam, Ekonisia: Yogyakarta, 2003.
Iqbal, Zamir dan Abbas Mirakhor. An Introduction to Islamic Finance: Theory and Practice. John Wiley and Sons (Asia) Pte. Ltd., 2007.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, PT. Prihalindo: Jakarta. 1997.
Lailati Sukma, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tabungan Masyarakat Pada Bank BNI di Indonesia Tahun 1991-2002, Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta, 2004.
Lovelock. Christopher Service Marketing, Prentice Hall International: London, 1996.
Muhammad. Lembaga-Lembaga Keuangan Umat Kontemporer, Cet. ke-1, UII Press: Yogyakarta, 2000.
Pasarmuslim.com. Media Iklan dan Bisnis (2006). Aset Bank Syari'ah Naik 28.9 Persen. Diambil 28 November 2006, dari http://www.republika.co.id
Pasarmuslim.com. Media Iklan dan Bisnis (2006), Bangga Jadi Nasabah Bank Syari ah. Diambil 28 November 2006, dari http://www.republika.co.id
Pasarmuslim.com. Media Iklan dan Bisnis (2006), Mencari Strategi Jitu Perbankan Syari'ah. Diambil 28 November 2006, dari http://www.republika.co.id
Ratna Priatin, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Menabung di BPRS BDW Yogyakarta Tahun 2004, Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta, 2005.
Sugiono, Metopel Bisnis, Alfabeta: Bandung, 2004).
Sumarni, Murti Marketing Perbankan. Edisi Ketiga Cet. Ke-1, Yogyakarta, Liberty, 1996.
Sunardji. D. dan Sri Harjanti Memilih Pasar Sasaran, Edisi Revisi Cet. ke-II, FE UII, Yogyakarta, 1989.
Tjiptono, Fandy. Mamajemen Jasa. Andy Offset: Yogyakarta, 1996.
Undang-Undang No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan dan Motivasi, Ghalia Indonesia: Jakarta, 1994.
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.