Urgensi Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan dalam Merancang Masa Depan Manusia: Perspektif Islam tentang Akal, Khalifah, dan Perencanaan
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pendidikan dan ilmu pengetahuan dalam merancang masa depan manusia berdasarkan perspektif Islam. Fokus diarahkan pada peran akal, fungsi kekhalifahan, dan integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum dalam membentuk individu yang religius, visioner, dan bertanggung jawab secara sosial.
Metode – Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah relevan, diklasifikasikan secara tematik, dan dianalisis secara interpretatif dalam bingkai studi Islam dan pendidikan. Validitas dijaga melalui triangulasi sumber dan telaah kritis terhadap kualitas referensi.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam harus diarahkan pada pengembangan akal dan spiritualitas secara seimbang untuk mewujudkan peran manusia sebagai hamba dan khalifah. Pendidikan menjadi instrumen ibadah dan perencanaan hidup strategis yang berlandaskan nilai-nilai Qur’ani. Integrasi ilmu agama dan ilmu umum penting untuk membentuk individu yang adaptif terhadap perubahan zaman, memiliki kesadaran ekologis, dan berorientasi pada kesejahteraan dunia dan akhirat.
Implikasi – Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memperkuat paradigma integratif antara iman, ilmu, dan amal dalam pendidikan Islam. Implikasi praktisnya mendorong pengembangan kurikulum yang responsif terhadap tantangan sosial-kultural dan teknologi modern. Keterbatasan utama penelitian ini adalah belum mencakup data empiris, sehingga dibutuhkan studi lanjutan dengan pendekatan lapangan untuk menguji efektivitas konsep-konsep tersebut secara praktis.
Downloads
Article Details
References
Abdullah, D. (2017). Konsep Manusia dalam Al-Qur’an (Telaah Kritis tentang Makna dan Eksistensi). Al-Daulah, 6(2).
Adisaputro, S. E., & Rosidi, I. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. Jurnal Komunikasi Islam, 1(1). http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/j-kis/
Allailiyah, N. M. (2020). Peran Sains dalam Membangun Kualitas Generasi Islam (Role of Science in Building Quality of Islamic Generations). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 321–329.
Aslihah, & Wasehudin. (2023). The Influence Of The Modern Islamic Education Movement On The Development Of Islamic Thought In Indonesian The Perspective Of The Quran (Study Of Al-Qur’an Letter Ar-Ra’d Verse 11). Al-Wijdan, 8(4). http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan
Azwardi, Ritonga, M., & Nasri, M. K. (2021). Tafsir Ayat-Ayat Tentang Manajemen Sumber Daya Manusia. Cybernetics, 2(1).
Dwi Fajri, R., & Saepudin, U. (2022). Implikasi Pedidikan dari Quran Surat Ar-Ra’d Ayat 11 tentang Perubahan terhadap Upaya Pendidikan dalam Mengembangkan Potensi Manusia. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2161
Faruk, M., Ismail, R., & Mahmud, M. (2023). Dikotomi Ilmu Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(4), 310–320. https://doi.org/10.5281/zenodo.7680716
Firdaus, D. H. (2021). Ulul Albab Perspektif Al-Qur’an (Kajian Maudlu’iy dan Integrasi Agama Dan Sains). Ats-Tsaqofi, 3(1).
Habibi, Y. (2016). Reformasi Pendidikan Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Madaniyah, 1(10).
Harefa, A. R. (2019). Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari. Warta.
Hikmat, R., Rosidin, D. N., Kustoro, & Sumarna, C. (2023). Desain Masa Depan Pendidikan Islam Indonesia (Kajian Analisis Pendekatan Sosiologi Antropologi). JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4). https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26448
Huda, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. FOKUS : Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2).
Madekhan. (2020). Fungsi Pendidikan dalam Perubahan Sosial Kontemporer. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1).
Masitoh, D. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Proses Perubahan Sosial. Journal On Teacher Education, 3(3).
Masyhuri, & Huda, M. F. (2022). Analisis Konsep Pemikiran Dr. Zakiah Daradjat Tentang Ma’rifatul Insan dan Reledansinya Terhadap Potensi Manusia Sebagai Makhluk Hidup. Ikhtisar, 2(2), 84–96.
MD, M. F., & Mahmud, H. (2024). Perubahan Sosial dalam Perspektif Al-Qur’an : Studi Kepustakaan tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Misbah. Advances in Social Humanities Research, 2(1).
Merentek, T. C., Sumual, T. E. M., Usoh, E. J., & Kampilong, J. K. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Masa Depan. El-Idare, 9(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare
Nabila, A., Sari Dewi, M., Damanik, S., & Sumatera Utara Medan, U. (2021). TAFSIR AYAT-AYAT TENTANG MOTIVASI KERJA. In Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 2, Issue 1). http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
Najmudin. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sunnah : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah. Tarbawy, 6(2).
Nasir, M. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya Bagi Manusia. Syntax Idea, 3(11), 2457. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i11.1571
Nasir, S. M. (2021). Ulul Albab dalam Al-Qur’an (Tafsir Tematik). Aqlam: Jorunal of Islam and Plurality , 6(2). http://repository.upi.edu/17525/5/T_PAI_1204869_chapter3.pdf.
Octaviana, D. R., & Ramadhani, R. A. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2).
Paizah, D., & Mawaradah. (2024). Peran Matematika Bagi Kehidupan Umat Islam. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2).
Panggabean, R. Y. P. (2023). Kemandirian Belajar dalam Islam. Jurnal Kualitas Pendidikan, 1(1).
Sabarrudin, S., & Masril, M. (2023). Basic Concepts of Making Career Decisions in Surah Ar-Ra’d. Journal of Multidisciplinary Science: MIKAILALSYS, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.58578/mikailalsys.v1i1.1028
Sari, M., Jalalain, T., Muyassar, T., Al Wasith, T., Al-Qur, T., & Al-Misbah Kata Kunci, T. (2021). Ayat-Ayat Tentang Fungsi Manajemen. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 1, Issue 1). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Soter, I. K. (2018). Manajemen Pendidikan Berorientasi Masa Depan. Jurnal Bawi Ayah, 9(2).
Syafi’, A. (2020). Sains dan Teknologi dalam Al-Qur’an (Kajian Filsafat Pendidikan Islam). Sumbula, 5(1).
Veteran Palopo, S. (2023). Wawasan Al-Qur’an Tentang Etos Kerja. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12).
Wafa, A., & Hadi, N. (2020). Dikotomi Ilmu pengetahuan dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Ahsana Media, 6(1). http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia
Yanti, N. P., & Salmiwati. (2022). Potensi Manusia Menurut Syekh Taqiyuddin An-Nabhani Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Innovative, 2(1).
Yasir, M. (2022). Peran Pentingnya Pendidikan Dalam Perubahan Sosial di Masyarakat. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1).