Sinergi Guru Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa di MAN 3 Bantul

Main Article Content

Khusni Nur Rohman

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan bentuk sinergi antara guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menumbuhkan efikasi diri siswa di MAN 3 Bantul. Fenomena yang diamati menunjukkan bahwa sebagian siswa yang berlatar belakang pondok pesantren memiliki kecenderungan merasa telah menguasai ilmu agama, sehingga cenderung menyepelekan proses pembelajaran formal di sekolah. Hal ini berdampak pada rendahnya efikasi diri dan minat belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.


Desain/metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan desain studi kasus, yang menggali proses kolaborasi antara guru PAI dan BK serta efektivitas strategi yang diterapkan dalam konteks pendidikan madrasah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Temuan – Temuan penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara guru PAI dan BK mampu memberikan pengaruh positif terhadap penguatan efikasi diri siswa, dengan adanya berbagai program kolaboratif yang berbasis spiritual dan psikologis. Faktor pendukung sinergi antara lain komunikasi yang terbuka, antusiasme siswa, serta komitmen guru, sedangkan kendala utama mencakup keterbatasan anggaran dan beban kerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rohman, K. N. (2024). Sinergi Guru Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa di MAN 3 Bantul. Indonesian Journal of Action Research, 3(2), 95–103. https://doi.org/10.14421/ijar.2024.32-05
Section
Articles

References

Azmatul Khairiah Sari, P. Y. (Januari 2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling di Sekolah. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), Volume: 3, Nomor: 1.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman.

Ervinna Damayanti. (2023). Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam Dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Di Sekolah Menengah Kejuruan As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. In Skripsi. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Fitriani, A. &. (2016). Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Al-Ibrah, Volume: 7, Nomor: 2.

Fitriani, N. &. (2016). Peran Guru PAI dalam Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume: 5, Nomor: 2.

Haidar, G. &. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan PKM, Volume: 2, Nomor: 1.

Hara Permana, F. H. (1 Desember 2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX di Mts Al-Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, Volume: 13, Nomor: 01.

Hidayat, S. &. (2018). Kerjasama Guru PAI dan Guru BK dalam Mengembangkan Potensi Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Menengah, Volume: 7, Nomor: 3.

Kuliyatun, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Madrasah terhadap Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume: 8, Nomor: 1.

Kurnia Muhajarah, M. N. (1 Januari 2021). Religion, Science and Philosophy. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, Volume: 3, Nomor.

Lestari, R. M. (2021). Pengaruh Program Pembinaan Karakter terhadap Perkembangan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Karakter, Volume: 4, Nomor: 1.

Maharani, A. P. (2020). Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islami di SDIT Ar-Raihan. In Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maharani, D. (2020). Efektifitas Kolaborasi dalam Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume: 15, Nomor: 2.

Maulana, H. &. (2021). Mentoring Spiritual dalam Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Volume: 9, Nomor: 2.

Miles, M. B. (Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.)). 1994. Thousand Oaks, CA: Sage.

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal) -Edisi I. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran”.

Nasution, A. &. (2020). Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, Volume: 12, Nomor: 3.

Nasution, H. S. (2020). Bimbingan dan Konseling: Konsep, Teori dan Aplikasi. Medan: Perdana Publishing.

Nasution, M. &. (2020). Konseling yang Efektif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume: 5, Nomor: 3.

Nasution, S. &. (2020). Pengaruh Konseling terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah. Jurnal Konseling dan Psikologi, Volume: 25, Nomor: 1.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. In Thesis. Malang: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rahmawati, E. (2019). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, Volume:7, Nomor: 1.

Senge, P. M. (2006). The Fifth Discipline: The Art & Practice of The Learning Organization. New York: Doubleday .

Suryani, D. &. (2021). Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, Volume: 12, Nomor: 4.

Suryani, T. (2022). Diskusi Moral Sebagai Media Pendidikan Nilai di Sekolah. Jurnal Etika dan Pendidikan, Volume: 4, Nomor: 1.

Syafii, M. &. (2018). Kolaborasi Guru PAI dan Guru BK dalam Mengatasi Masalah Psikososial Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume: 10, Nomor: 1.

Usman, H. (2005). Keberhasilan Pembinaan Karakter Siswa dalam Lingkungan Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Wijayanti, I. &. (2017). Implementasi Pembinaan Karakter Berbasis Keagamaan untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume: 5 Nomor: 3.