Pengembangan Media Pembelajaran Berfokus pada Aspek Audio Visual dalam Perspektif Neurosains: Sebagai Pendekatan Kurikulum Merdeka di Tingkat SMK

Main Article Content

Mohammad Jailani

Abstract

Tujuan –  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis otak guna meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab.


Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan melibatkan guru dan siswa sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta validitas data dijaga dengan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan.


Hasil – Media pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa, khususnya dalam aspek mufrodat (kosa kata) dan muhadasah (percakapan). Penilaian ahli materi memberikan skor rata-rata 5,0 dari dua orang ahli, dan penilaian desain media memperoleh skor 4,83 dan 3,66. Media ini diuji coba pada 20 siswa dan 2 guru, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.


Implikasi – Integrasi prinsip neurosains dalam media pembelajaran bahasa Arab menunjukkan potensi yang menjanjikan untuk memodernisasi praktik pengajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang pendidikan menengah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mohammad Jailani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berfokus pada Aspek Audio Visual dalam Perspektif Neurosains: Sebagai Pendekatan Kurikulum Merdeka di Tingkat SMK. Indonesian Journal of Action Research, 3(2), 53–67. https://doi.org/10.14421/ijar.2024.32-01
Section
Articles

References

Amatullah, M. N., & Kusumaningrum, N. (2020). Pendekatan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(02), 231. doi: 10.32332/an-nabighoh.v22i02.1945

Apri, W., & Suyadi. (2019). Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains. Tadrib, 5(1), 51–67.

Arqam, M. L. (2010). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan bagi Siswa Kelas I Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Astuti Budi Handayani, S. (2019). Relevansi Konsep Akal Bertingkat Ibnu Sina Dalam Pendidikan Islam di Era Milenial. TADIBUNA, 8(2), 222–240. doi: 10.32832/tadibuna.v8i2.2034

Awhinarto, S. (2020). Otak Karakter Dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 143–156. Retrieved from http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Azkia Muharom Albantani. (2019). Social Media as Alternative Media for Arabic Teaching in Digitial Era. Alsinatuna Journal of Arabic Linguistics and Education, 4(2), 5–24.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. In Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Vol. 1, Issue 1). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf

Fadila, F., & Yanuarti, E. (2019). Pelayanan Sosial dan Keagamaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan WPKNS ABH di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Curup. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 17. doi: 10.29240/jbk.v3i1.798

Fadilah, H., & Suyadi. (2020). Mirror Neuron in The Perspective Of Islamic Education. Edukasi, 8(2), 26.

Ferretti, T. R., Katz, A. N., Schwint, C. A., Patterson, C., & Pradzynski, D. (2020). How discourse constraints influence neurolinguistic mechanisms during the comprehension of proverbs. Cognitive, Affective and Behavioral Neuroscience, 20(3), 604–623. doi: 10.3758/s13415-020-00790-9

Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual untuk meningkatkan Maharah Istima’ pada siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah Jurnal PGMI, 3(2), 122–129.

Habib, M. A. (2017). Catat Inilah!! Perbedaan Antara Otak Kanan dan Otak Kiri. Intisari Online. Retrieved from https://intisari.grid.id/read/0397022/catat-inilah-perbedaan-sebenarnya-antara-otak-kanan-dan-otak-kiri?page=all

Hendra, F., & Laura, H. M. (n.d.). Multaqa Nasional Bahasa Arab (MUNASBA) KE-II. Pengaruh Spiritual Quotient Dan Emotional Quotient Dalam Proses Belajar Bahasa Arab, 27–38.

Hilmi, D. (2020). Impact Of Arabic Online Learning In The Perspective Of How The Brain Learns. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4(1), 59–73. doi: 10.18860/ijazarabi.v4i1.10442

Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian, 10(1), 125–146.

Jailani, M., Suyadi, & Bustam, B. M. R. (2021). EDISI KHAS: Pengajian Islam dan Cabaran Pandemi COVID-19. R. Zakaria, S. Ismail, M. M. Daud, & S. M. Z. B. Koyak (Eds.), PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERASIS NEUROSAINS: KAJIAN LAPANGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI MASA COVID-19 (pp. 44–50). Malaysia: Kolej Universitas Islam Antarbangngsa Selangor (KUIS).

Jailani, M., & Suyadi, S. (2021). MEMBANGUN BISNIS EKONOMI ISLAM PERSPEKTIF NEUROMARKETING DI MASA PANDEMIC COVID-19. Islamic Economics, Finance, and Banking Review, 1(2), 1–19.

Jailani, M., Suyadi, Wanojaleni, K., & Tsauri, S. (2021). Proceeding IConIGC: International Conference on Islamic and Global Civilization. PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MASA COVID-19 PERSPEKTIF NEUROSAINS: STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA, 49–65.

Jailani, M., Wantini, Suyadi, & Bustam, B. M. R. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran : Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Al-Thariqah Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 152–167.

Juliani, W. I., Sabili, A. R., & Suyadi. (2020). Tafsir Ayat-Ayat Neurosains dan Implikasinya bagi Pengembangan Higher Order Thingking (HOT) dalam Pendidikan Islam. Muaddib, 10(01), 84–96.

Kuisioner Penelitian Studi Pendahuluan Pembelajaran Bahasa Arab, (2021).

Kharisma Noor Latifatul Mahmudah, S. (2020). Akal Bertingkat Ibnu Sina dan Taksonomi Bloom dalam Pendidikan Islam Perspektif Neurosains. Edukasi Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 121–138.

Mahnun, N. (2012). MEDIA PEMBELAJARAN ( Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran ). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 1–15.

Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran Kosakata untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab (Vocabulary Teaching For Arabic Intensive Class). (Ujss) Uniqbu Journal Of Social Sciences, 5(1), 55.

Nagy, E., Infantino, M., Bizzaro, N., Andreeva, H., Bontkes, H. J., Bossuyt, X., Fabien, N., Fischer, K., Heijnen, I. A. F. M., Herold, M., Kozmar, A., Kuhi, L., López-Hoyos, M., Pullerits, R., Sousa, M. J. R., Tsirogianni, A., & Damoiseaux, J. (2021). The impact of the COVID-19 pandemic on autoimmune diagnostics in Europe: A lesson to be learned. Autoimmunity Reviews, 20(August). doi: 10.1016/j.autrev.2021.102985

Nashoih, A. K., & Darmawan, M. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Berbasis Kontrastif Untuk Mengatasi Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 335. doi: 10.29240/jba.v3i2.1008

Pranowo, T. A., & Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217–223. doi: 10.31960/ijolec.v2i2.338

Priandono, F. E., Astutik, S., & Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 247–254.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Sulastri. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Thematic Video Pada Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas VIII Mts. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 5(1), 21–27. doi: 10.15294/la.v5i1.10435

Suyadi. (2020). Pendidikan Islam dan Neurosains: Menelusuri Jejak Akal dan Otak Dalam Alquran Hingga Pengembangan Neurosains Dalam Pendidikan Islam (Lintang Novita (ed.); Pertama). Jakarta: Kencana. Retrieved from www.Prenamedia.com

Suyadi, Nuryana, Z., & Fauzi, N. A. F. (2020). The fiqh of disaster: The mitigation of Covid-19 in the perspective of Islamic education-neuroscience. International Journal of Disaster Risk Reduction, 51(2), 101848. doi: 10.1016/j.ijdrr.2020.101848

Suyadi, Sumaryati, Hastuti, D., Yusmaliana, D., & MZ, R. D. R. (2019). Constitutional Piety : The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 38–46. doi: DOI : 10.18860/jpai.v6i1.8307

Wahdan, A., Hantoobi, S., Salloum, S. A., & Shaalan, K. (2020). A systematic review of text classification research based on deep learning models in Arabic language. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 10(6), 6629–6643. doi: 10.11591/IJECE.V10I6.PP6629-6643

Zhang, Z., Zhou, Y., Han, L., Guo, X., Wu, Z., Fang, J., Hou, B., Cai, Y., Jiang, J., & Yang, Z. (2021). Impacts of COVID-19 pandemic on the aquatic environment associated with disinfection byproducts and pharmaceuticals. Science of the Total Environment, 2(xxxx), 151409. doi: 10.1016/j.scitotenv.2021.151409