Comparing the Effectiveness of Iqro’ and Tsaqifa Methods on Elderly Qur’anic Reading Skills at Nurul Iman Karanganyar

Perbandingan Efektivitas Metode Iqro’ dan Tsaqifa terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Lansia di Nurul Iman Karanganyar

Authors

  • Amy Lia Laili UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.04

Keywords:

Elderly Learners, Iqro’ Method, Quasi-Experimental Study, Qur’anic Reading, Tsaqifa Method

Abstract

Abstract

Purpose – This study aims to compare the effectiveness of the Iqro’ and Tsaqifa methods in improving the Qur'anic reading ability among elderly women at the Nurul Iman Islamic Boarding School for the Elderly in Karanganyar. The research is grounded in the reality that cognitive decline commonly occurs with advancing age, making the selection of an appropriate instructional method a critical factor in enhancing learning outcomes and spiritual motivation among elderly learners.

Design/methods/approach – A quantitative approach was employed using a quasi-experimental design. The sample consisted of 54 elderly female learners, divided into two groups: the Iqro’ method group (n=28) and the Tsaqifa method group (n=26). Data were collected through an oral reading test of Surah Al-Mulk verses 1–5 and analyzed using an independent sample t-test, following tests for normality and homogeneity of variance.

Findings – The results indicate that the Tsaqifa group achieved a higher mean score (59.27) compared to the Iqro’ group (53.75). Furthermore, the percentage of participants categorized as “very good” was higher in the Tsaqifa group (34.62%) than in the Iqro’ group (21.43%). The t-test revealed a statistically significant difference between the two methods (t = 2.253 > t₀.05 = 2.006; p < 0.05), indicating that the Tsaqifa method is more effective in enhancing Qur'anic reading skills among elderly learners.

Research implications/limitations – The study offers practical insights for Islamic educational institutions and Qur’an instructors in selecting pedagogical methods tailored to elderly learners. It also enriches the discourse on age-sensitive Qur’anic instruction methods. However, the study is limited by its scope, being conducted in a single pesantren and involving only female participants.

Originality/value – This study presents a novel contribution by quantitatively comparing two widely used Qur’anic reading methods among elderly learners—an area that has received limited scholarly attention within Islamic education research. The findings may inform curriculum development and teacher training programs based on andragogical principles and spiritual literacy for aging populations.

Abstrak

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas metode Iqro’ dan Tsaqifa terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada lansia perempuan di Pondok Pesantren Lansia Nurul Iman, Karanganyar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada usia lanjut terjadi penurunan fungsi kognitif, sehingga pemilihan metode pembelajaran yang tepat menjadi faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi spiritual lansia.

Desain/Metode/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian terdiri dari 54 orang lansia perempuan yang dibagi ke dalam dua kelompok: kelompok metode Iqro’ (n=28) dan kelompok metode Tsaqifa (n=26). Data dikumpulkan melalui tes membaca lisan Surah Al-Mulk ayat 1–5 dan dianalisis menggunakan uji-t (independent sample t-test) setelah uji asumsi normalitas dan homogenitas terpenuhi.

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok Tsaqifa memperoleh rata-rata skor lebih tinggi (59,27) dibanding kelompok Iqro’ (53,75). Persentase kategori "sangat bagus" pada kelompok Tsaqifa (34,62%) juga lebih tinggi dibanding kelompok Iqro’ (21,43%). Hasil uji-t menunjukkan thitung = 2,253 > ttabel = 2,006 dengan p < 0,05, yang mengindikasikan perbedaan yang signifikan antara kedua metode. Dengan demikian, metode Tsaqifa terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada lansia.

Implikasi/batasan Penelitian – Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi lembaga pendidikan Islam dan pengajar Al-Qur’an dalam memilih metode yang sesuai untuk lansia. Hasil ini juga memperkaya kajian tentang metode pembelajaran Al-Qur’an berbasis usia dan kondisi fisiologis pembelajar. Namun, keterbatasan penelitian terletak pada ruang lingkup yang terbatas pada satu pesantren dan satu jenis kelamin.

Orisinalitas/Nilai – Penelitian ini memiliki nilai kebaruan karena memberikan analisis perbandingan dua metode populer pembelajaran Al-Qur’an secara kuantitatif pada kelompok lansia, yang selama ini jarang menjadi fokus dalam kajian pendidikan Islam. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum dan pelatihan guru berbasis pendekatan andragogi dan literasi spiritual lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, N., & Rahman, A. (2024). Penerapan Metode Tsaqifa pada Program Tahsin pada Masyarakat Desa Eka Rasmi Gang Pipa Medan Johor. Journal of Education Research, 5(4), 5103–5108. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1763

Ali, F., & Falahi, K. (2023). Efektifitas Penggunaan Metode Iqro pada Pembelajaran Al-Quran di TPQ Masjid Arrahman Villa Pamulang. Al-Maqrizi: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Studi Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.32493/amq.v1i1.31697

Apsah, A., Mashudi, A., Martua, K., Rasid, M., Dalimunthe, R., Lubis, R. N., Hasibuan, S. H., Hariyani, S., & Siregar, W. N. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Iqro Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Anak Anak Desa Lantosan 1. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 217–221. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.318

Aziz, M., Napitipulu, D. S., & Sianipar, A. (2025). Implementasi Metode Iqra’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 5(2), 65–72. https://doi.org/10.47453/hadlonah.v5i2.2832

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2023. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/29/5d308763ac29278dd5860fad/statistik-penduduk-lanjut-usia-2023.html

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.

Fauzi, M. I. (2023). AL-QUR’AN SEBAGAI OBJEK KAJIAN STUDI AGAMA ISLAM. Journal of Islamic Studies and Humanities, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/jish.v8i2.12580

Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALQURAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN TAJWID. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04

Hasanah, M. (2022). STUDI NUZULUL QUR’AN DALAM KAJIAN AL-QUR’AN. TAFAKKUR : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), Article 1.

Humam, A. (2002). Buku Iqro’: Cara cepat belajar membaca Al-Qur’an. Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Erlangga.

Indrayogi, I., Priyono, A., & Asyisya, P. (2022). PENINGKATAN KUALITAS HIDUP LANSIA MELALUI PEMBERDAYAAN LANSIA PRODUKTIF, GAYA HIDUP SEHAT DAN AKTIF. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.34010/icomse.v3i1.5330

Izzan, A., & Noviana, S. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Iqro’ Terhadap Kelancaran Membaca Al-Qur’an Studi Di Madrasah Ibtidaiyah Rohmaniyah Sukawening Garut. Masagi, 1(1), 115–121. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.188

Knowles, M., Knowles, M. S., III, E. F. H., III, E. F. H., Robinson, P. A., Swanson, R. A., SWANSON, R., & Robinson, P. A. (2020). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (9th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429299612

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664

Mahfud, A., & Ghazal, S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 109–114. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1482

Masrurin, T. (2021). Penerapan Metode Tsaqifa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Lansia Dusun Mangunan Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang [Undergraduate, IAIN Kediri]. https://etheses.iainkediri.ac.id/4988/?utm_source=chatgpt.com

Muid, A., Huda, R. F., Jufri, S., & Hasani, S. (2024). Pelatihan Cepat dan Mudah Membaca Al-Qur’an bagi Tutor PAI melalui Metode Tsaqifa di Universitas Jambi. Keris: Journal of Community Engagement, 4(1), 22–30. https://doi.org/10.55352/keris.v4i1.887

Nashir, M. J., & Suparman, F. (2023). PENERAPAN METODE TSAQIFA DALAM KERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN DI DESA SEPAT, SRAGEN. AL HAZIQ: Journal of Community Service, 5–13. https://doi.org/10.54090/haziq.151

Nurmalia, T., Chairunnisa, D., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2020). SELF EFFICACY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK SMA. Visipena, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1298

Prameshwari, F. R., & Ayubi, D. (2022). Pengaruh Senam Terhadap Fungsi Kognitif Lansia: Literature Review : Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(12), Article 12. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i12.2749

Saputra, T. E., Putra, A. A., & Gusmaneli, G. (2024). Analisis Konsep Pembelajaran Alquran dengan Metode Iqra: Suatu Kajian Literatur. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i4.1071

Sarwono, S. W. (2019). Pengantar Psikologi Umum (1st ed.). RAJAWALI PERS.

Siddik, M. F., & Mahariah, M. (2023). Reduksi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam; Analisis Variasi Metode dan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.670

Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Susanto, L. T. H., Subando, J., & Widoyo, A. F. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE IQRA` DALAM PENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL QURAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-BAROKAH MERAPI TAHUN AJARAN 2022/2023. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 35–43. https://doi.org/10.54090/alulum.317

Taqwim, U. (2014). Tsaqifa: Cara cepat dan mudah belajar membaca Al-Qur’an. Adz-Dzikr.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Amy Lia Laili. (2025). Comparing the Effectiveness of Iqro’ and Tsaqifa Methods on Elderly Qur’anic Reading Skills at Nurul Iman Karanganyar : Perbandingan Efektivitas Metode Iqro’ dan Tsaqifa terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Lansia di Nurul Iman Karanganyar. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 10(1), 47–59. https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.04

Issue

Section

Articles