Inovasi Media Digital dalam Literasi Numerasi: Praktikalitas dan Efektivitas Smart Apps Creator Berbasis Android dalam Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Pada era digital ini, penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah literasi numerasi, yang mencakup kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep matematika. Hal ini menunjukkan perlunya inovasi dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pemanfaatan media digital berbasis Android dalam proses pembelajaran. Smart Apps Creator (SAC) merupakan salah satu platform yang memungkinkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android yang dikembangkan menggunakan SAC dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Selain itu, penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Android juga telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Fokus utama penelitian terletak pada uji coba media pembelajaran kepada siswa di SMA Negeri 1 Dewantara dan SMA Negeri 2 Dewantara untuk menilai tingkat kepraktisan dan keefektivan media. Berdasarkan hasil uji coba kepraktisan pada kelompok besar dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas X-1 SMA Negeri 1 Dewantara diperoleh 85,5% sehingga dapat dikategorikan media yang dikembangkan “Sangat Praktis”. Selanjutnya, dilakukan uji coba produk pada kepada siswa siswi kelas X-1 SMAN 2 Dewantara dan diperoleh 85% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Praktis”. Selanjutnya, akan dihitung nilai keefektifan dengan melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa X-1 SMA Negeri 1 Dewantara diperoleh 90% sehingga dapat dikategorikan media yang dikembangkan “Sangat Efektif”. Sedangkan hasil belajar siswa X-1 SMA Negeri 2 Dewantara diperoleh 91,67% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Efektif”. Maka berdasarkan data angket dan hasil tes, diperoleh informasi bahwa media yang dikembangkan sangat praktis dan sangat efektif.
Downloads
Article Details
References
Fachrul Hidayat, F. H., & Ima Mulyawati. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator untuk Mata Pelajaran Matematika pada Materi Pecahan Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 112–120. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/28297
Habibah, A. A., Wiratomo, Y., & Bhakti, Y. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Android untuk Siswa Kelas VII SMP. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 210-220. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18564
Hidayah, N., Utami, R. E., & Albab, I. U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Smart Apps Creator untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 156-166. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/12847
Hidayat, I. S., Heryani, Y., & Santika, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Dengan Bantuan Smart Apps Creator 3. Jurnal Kongruen, 1(4), 339-347. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/view/10936
Meliana, M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 862-867. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6578JiiP
Rifa, R. M., Yuza, Y. Z., Ayu, F. A. N., Afni, N. A. S., Novi, N. J. S., & Zurra, Z. Y. A. (2024). Analisis Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terintegrasi Smart Apps Creator Bermuatan Literasi Numerasi. Jurnal Serambi Ilmu (JSI), 25(2), 322–343. https://doi.org/10.32672/jsi.v25i2.2244Serambi Mekkah Journal
Salsabila, P., Marhamah, M., & Mulbasari, A. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Materi Aritmatika Sosial. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 45-56. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/20787
Stecey, K & Tuner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy: The PISA experience, Australia: Springer
Sunedi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Digital Smart Apps Creator untuk Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1020–1026. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20517
Sutrisno, A., Vebrianto, R., & Zuhairi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android melalui Aplikasi Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 6(2), 78-89. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ/article/view/36271
Ulfa, E.M., dkk. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education, 6(6) : 9344 - 9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742
Wulansari, A., Setiani, Y., & Pamungkas, A. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 20405–20416. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16634