IRONI, PARODI, DAN PASTICHE DALAM PUISI “TANAH AIR MATA” KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI (Kajian Posmodernisme)
DOI:
https://doi.org/10.14421/ajbs.2024.080202الكلمات المفتاحية:
postmodernism، irony، parody، pastiche، poemالملخص
Penelitian ini mengkaji penggunaan ironi, parodi, dan pastiche dalam puisi Tanah Air Mata karya Sutardji Calzoum Bachri melalui pendekatan posmodernisme. Latar belakang penelitian menekankan peran karya sastra dalam menyampaikan makna mendalam dan kritik. Sutardji, seorang penyair kontemporer ternama Indonesia, sering mengangkat tema ketidakadilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis komprehensif tentang bagaimana elemen posmodern digunakan dalam puisi untuk mengkritik isu sosial dan politik. Metode deskriptif kualitatif dengan analisis teks diterapkan, dengan fokus pada data primer dari puisi dan data sekunder dari literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ironi, elemen yang paling mendominasi dalam puisi ini, menyoroti ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan berupa kesenjangan antara penderitaan masyarakat di tengah suburnya Indonesia. Parodi mengimitasi narasi dominan dalam lirik lagu wajib Indonesia, dan pastiche menggabungkan elemen tradisional dan modern untuk menciptakan makna berlapis. Selain itu, intertekstualitas menjadi inti dari penggunaan elemen-elemen ini, menghubungkan teks puisi dengan narasi besar dan simbol budaya lain, menciptakan dialog yang memperkaya makna serta menggugah pembaca untuk melihat realitas sosial secara kritis. Pendekatan ini memperkaya pemahaman tentang puisi berjudul Tanah Air Mata dan menunjukkan kekuatan estetika posmodern dalam puisi kontemporer untuk menyoroti dan mengkritik ketidakadilan sosial.
التنزيلات
المراجع
Ardianto, Ferry. 2019. “MUATAN NASIONALISME PUISI KARYA SASTRAWAN INDONESIA SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA GLOBALISASI.” Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (1): 31. https://doi.org/10.25139/fn.v2i1.1391.
Atmaja, Jiwa. 2014. “MEMBACA KEMBALI SUTARDJI CALZOUM BACHRI: REKONSTRUKSI TANGGAPAN PEMBACA ATAS ‘PUISI YANG MANTRA,’” no. 1.
Baihaqi, A M Farid. 2022. “REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM FILM CRUELLA KARYA CRAIG GILLESPIE: KAJIAN POSTMODERNISME J. F. LYOTARD” 9.
CNN Indonesia. 2024. “Nestapa Suku Awyu Papua: Ribuan Hektare Hutan Direbut Perusahaan Sawit.” CNN Indonesia, Mei 2024. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230510125859-12-947708/nestapa-suku-awyu-papua-ribuan-hektare-hutan-direbut-perusahaan-sawit/2.
Harmita Sari, Sumiati Putri Natalia, Wahyuniar, dan A. Nurhayati. 2021. “Nilai Budaya dalam Novel Ulid Karya Mahmud Ikhwan Suatu Tinjauan Postmodernisme Jean Francois Lyotard.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 7 (1): 1–14. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.444.
Kidungjati, Kedasih, dan Universitas Tidar. 2023. “PERSPEKTIF KAJIAN POSTMODERNISME DALAM NOVEL LASKAR PELANGIKARYA ANDREA HIRATA” 11.
Ladayani, Wildia Ulfita. 2024. “Papua Sedang Tidak Baik-Baik Saja: Perjuangan Melawan Eksploitasi Perkebunan Sawit.” Aceh Tribun News, 7 Juni 2024. https://aceh.tribunnews.com/2024/06/07/papua-sedang-tidak-baik-baik-saja-perjuangan-melawan-eksploitasi-perkebunan-sawit.
Mahmud, Febriyanti S. 2020. “Struktur Batin Sajak ‘Tanah Airmata’ Karya Sutardji Calzoum Bachri dan Sajak ‘Negeriku’ Karya Ahmad Mustofa Bisri dan Perbandingannya.” Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Gorontalo. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/311413018/struktur-batin-sajak-tanah-airmata-karya-sutardji-calzoum-bachri-dan-sajak-negeriku-karya-ahmad-mustofa-bisri-dan-perbandingannya.html.
Mardiatussaadah, Elis, Uah Maspuroh, dan Sutri. 2024. “Gaya Bahasa Ironi, Sinisme, Dan Sarkasme Pada Kolom Komentar Instagram @Mgdalenaf,” Januari. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10466389.
Mujiyono, Mujiyono. 2016. “Logika Intertekstual, Dekonstruksi, dan Simulasi dalam Karya Seni Rupa Posmodern: Studi Kasus pada Karya Redesain Kaos Cenderamata Obyek Wisata Religi Demak.” Jurnal Unnes, Sejarah Artikel, X (Januari):21–30.
Munaris, Munaris. 2022. “IMAJI DALAM PUISI TANAH AIR MATA KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI.” Jurnal Kata 10 (2).
Prihantono, Kahar Dwi. 2018. “Estetika Posmodern Puisi ‘Aku Ingin’ Karya Saut Situmorang.” Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan 6 (1): 21–35. https://doi.org/10.31813/gramatika/6.1.2018.132.21--35.
Redina, Sinti Luthfia. 2023. “Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi ‘Cinta Sebatas Rindu’ Karya Okto Son.” Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah 1 (Juni):9–14. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i3.158.
Saguni, Suarni Syam, Syarah Syafiqah, Jl Mallengkeri Raya, dan Parang Tambung. t.t. “POSTMODERNISME DALAM NOVEL RANTAI RENJANA KARYA NIKEN AQUEENSHA” 11 (2).
Susanto, Edi. 2024. “PENAJAMAN MAKNA MELALUI PARODI, KITSCH, DAN CAMPDALAM PUISI ‘HUJAN BULAN JUNI’ KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO:SEBUAH KAJIAN POSMODERNISME” 2 (1).
Susilowati, Yuni. 2021. “KETIDAKADILAN DALAM PUISI ‘TANAH AIR MATA’ KARYA SUTARDJI CALZOUM BAHRI.” LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 11 (1). https://doi.org/10.23969/literasi.v11i1.3648.
Zaidan, Abdul Rozak. t.t. “MELAYU DALAM SASTRA INDONESIA: STUDI SATARDJI CALZOUM BACHRI.”
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Diyah Herawati, Else Liliani, Widyastuti Purbani

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra publishes all articles entirely in full text.
- It is permissible for readers to download and to use it for scientific purposes and scientific dissemination.
- The author can re-publish the article that has been published by the Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra after obtaining written permission from the editor. This letter can be obtained by submitting a request letter for permission to republish the article to Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra via email adabiyyat@uin-suka.ac.id. In the second publication, the author is required to include information that the article was firstly published by the Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra.