SOCIAL IDENTITY CONSTRUCTION OF THE DISABLED IN FORREST GUMP NOVEL
DOI:
https://doi.org/10.14421/ajbs.2024.080106Kata Kunci:
the disabled, identity, society, strategyAbstrak
Penyandang disabilitas seringkali mengalami diskriminasi dan tidak dianggap sebagai bagian dari masyarakat. Hal ini menyebabkan mereka tidak mempunyai hak dan kedudukan yang sama seperti masyarakat normal. Situasi ini tercermin dalam novel Forrest Gump yang menggambarkan bagaimana masyarakat memperlakukan penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penyandang disabilitas diperlakukan di masyarakat, bagaimana identitas penyandang disabilitas dibangun, dan menunjukkan strategi yang digunakan dalam novel untuk membangun identitas tersebut. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan teori Postmodernis oleh Jean F. Lyotard dan teori Disabilitas oleh Mellinda C. Hall. Metode analisis data didasarkan pada pertentangan antara penyandang disabilitas dan masyarakat normal yang menitikberatkan pada kedudukan penyandang disabilitas dalam masyarakat normal. Novel Forrest Gump menunjukkan bahwa penyandang disabilitas diposisikan sebagai “the other”, “objek”, dan “beban”. Novel Forrest Gump juga menunjukkan bahwa penyandang disabilitas dapat memperoleh kedudukan yang sama dengan masyarakat normal sebagai “bagian dari masyarakat”, “subjek”, dan “kontributor” dalam masyarakat. Hasilnya, novel Forrest Gump menggunakan beberapa strategi dalam membangun identitas penyandang disabilitas, yaitu strategi bahasa, strategi sosial, dan strategi budaya.
Unduhan
Referensi
Alshammari, Sultan Hammad. 2018. “The Relationship Between Language, Identity and Cultural Differences: A Critical Review.” Research on Humanities and Social Sciences 8 (4): 98.
Groom, Winston. 1986. Forrest Gump. Ed. 1. New York: Doubleday.
Hall, Melinda C. 2019. “Critical Disability Theory.” In The Stanford Encyclopedia of Philosophy, edited by Edward N. Zalta. Stanford: Metaphysics Research Lab, Stanford University. https://plato.stanford.edu/archives/win2019/entries/disability-critical/.
Harris, Sarah Parker, Rob Gould, and Courtney Mullin. 2019. “Experience of Discrimination and the ADA.” Chicago: Department of Disability and Human Development University of Illinois at Chicago.
Hopson, Jericha. 2019. “Disability as Culture.” Multicultural Education 27 (1): 22–24.
Joseph, John E. 2012. “Cultural Identity.” In The Encyclopedia of Applied Linguistics. New Jersey: Wiley-Blackwell. https://doi.org/10.1002/9781405198431.
Lejzerowicz, Magda. 2017. “Identity and Its Reconstruction and Disabled People.” International Journal on Disability and Human Development 16 (1): 19–24. https://doi.org/10.1515/ijdhd-2016-0036.
Mambrol, Nasrullah. 2016. “Postmodernism.” Literary Theory and Criticism. March 31, 2016. https://literariness.org/2016/03/31/postmodernism/.
Nair, Ninu. 2020. “Forrest Gump: Comparing the Book and Its Movie Adaptation.” Bookishloom (blog). January 17, 2020. https://bookishloom.wordpress.com/2020/01/17/forrest-gump-a-review-of-this-iconic-movie-and-the-book-in-one-box/.
Putri, Anita, and Paulus Sarwoto. 2016. “Saussurian Binary Opposition as the Narrative Structure of Williams Summer and Smoke.” Journal of Language and Literature 16 (1): 82–98. https://doi.org/10.24071/joll.v16i1.154.
Schneck, Gina. 2015. “The Blind Can See: Revisiting Disability in Jane Eyre.” Criterion: A Jurnal of Literary Criticism 8 (2): 80–87.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bambang Margo Susanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra memublikasikan seluruh artikel yang dimuatnya secara keseluruhan (full text).