Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi sekaligus sampel penelitian adalah seluruh guru tetap di SMA Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 40 orang, ditentukan melalui teknik sampling jenuh. Teknik analisis data meliputi uji t parsial dan uji F simultan, dengan bantuan perangkat lunak statistik.
Hasil – Hasil uji t menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (thitung = 4,186; p-value = 0,000 < 0,05), (2) kompensasi juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (thitung = 4,294; p-value = 0,000 < 0,05). Selanjutnya, uji F membuktikan bahwa kepemimpinan demokratis dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Fhitung = 36,968; p-value = 0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,666 menunjukkan bahwa 66,6% variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas tersebut.
Implikasi – Penelitian ini memberikan kontribusi pada penguatan model kepemimpinan sekolah berbasis demokratis dan sistem kompensasi sebagai faktor penting dalam peningkatan kinerja guru. Studi ini relevan untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang berbasis pada peningkatan mutu sumber daya manusia di tingkat sekolah.
Downloads
Article Details
References
Astuti, K., Wildan, & Bahtiar. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik SMP. Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 10(2), 181–198.
Comalasari, E., Harapan, E., & Houtman. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah, kompetensi guru dan manajemen kelas terhadap mutu pembelajaran. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 74–84.
Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(3), 276–282.
Hidayat, M. S., & Prabowo, J. R. M. (2023). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru ASN SMAN 1 Cikalongwetan. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 4(4), 1270–1277. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.04.22
Joen, S., Purnamawati, & Amiruddin. (2013). Kinerja guru pendekatan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru. PT Raja Grafindo.
Marbun, I., Lumbantobing, L., & Tambunan, A. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap profesionalitas guru di SD Negeri 173395 Doloksanggul. DIKAIOS: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Kristen, 2(1), 44–58.
Masruroh, U., Thomas, P., & Latifah, L. (2012). Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA Negeri Brebes. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–7. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Maulida, R., Nur, J., & Hag, M. S. (2023). Pengaruh tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar 1. Jurnal Konsepsi, 12(1), 23–31. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
Prawira, M. F., & Marinda, V. S. (2023). Pengaruh kompensasi dan gaya kepemimpinan demokrasi terhadap retensi karyawan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(7), 3102–3110.
Rachmadhani, S., & Manafe, L. A. (2023). Analisis gaya kepemimpinan demokratis. Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development, 5(1), 82–98. https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/demand/article/view/313
Rahman, A. H., & Yahya, M. (2014). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kompensasi terhadap kinerja guru (Studi kasus di SMA PPMI ASSALAM Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 67–77.
Rosilawati, N. E. (2021). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 1(2), 165–169. https://doi.org/10.17509/jtkp.v1i2.32548
Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874
Setianingsih, W., & Kader, M. A. K. (2018). Pengaruh disiplin kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja guru. Ekonologi Jurnal Ilmu Manajemen, 5(20), 313–320.
Sodikun, S. (2022). Gaya kepemimpinan demokratis untuk peningkatan kinerja guru. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7671
Susanto, A. (2015). Manajemen peningkatan kinerja guru: Konsep strategi dan implementasinya (2nd ed.). Prenada Media Group.
Wijayanti, R. (2015). Metodologi penelitian kuantitatif (1st ed.). STIE Widya Gama Lumajang.
Zain, R., & Yuliana, A. T. R. D. (2017). Pengaruh kompensasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 107–126. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-06
Zuliani, S., & Suharti, T. (2023). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(3), 300–309. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1339
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. (2021). https://peraturan.bpk.go.id/Details/177031/pp-no-94-tahun-2021