Efektivitas Pembelajaran Nahwu dengan Kitab Lamḥatun Naẓar pada Siswa Kelas VIII MTs Terpadu Muwahidun Pati

Authors

  • Elfanda Khoirin Nisa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Aulia Ulhaq UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/mahira.2024.21.04

Keywords:

Arabic Language, Effectiveness, Lamḥatun Naẓar Book, Nahwu Instruction

Abstract

This study investigates the Nahwu (Arabic grammar) learning process at MTs Terpadu Muwahidun, where the Lamḥatun Naẓar book is used, in contrast to the more commonly used books like Jurumiyyah and Alfiyah. The research aims to explain the teaching process and assess the effectiveness of this book for eighth-grade students. Data were collected from 47 female students using observation, interviews, tests, and documentation and analyzed using a T-test. The findings show that Nahwu learning begins with planning, including setting goals for students to understand Arabic texts, and involves methods such as lectures, Q&A, and assignments. The study found that the use of Lamḥatun Naẓar significantly improved students' understanding, with pretest and posttest results showing a notable increase in scores from 54.72 to 71.89, with a significance value of 0.000, confirming the book's effectiveness in the classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Budiastuti, Diah, Validitas dan Reliabilitas Penelitian: Dilengkapi Analisis NVIVO, SPSS, dan AMOS, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.

Chasanah, Uswatun, “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Buku Metode 33 Cara Cepat Bisa Baca Kitab Di Madrasah Diniyah Al-Imdad, Kauman, Wijirejo Pandak, Bantul, Yogyakarta”, Skripsi Pendidikan Bahasa Arab, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Fauzi, Ahmad, et.al., Metodologi Penelitian, Banyumas: Pena Persada, 2022.

Gofur, Abdul, “Efektivitas dan Evisiensi Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Buku Al-Arabiyah Baina Yadaika di Ma’had Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Surakarta)”, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 20, No. 1, Agusus 2019.

Habibah, Nur, “Efektifitas Pembelajaran Nahwu Dengan Menggunakan Kitab An-Nahwu Wa As-Sarfu di Kelas 3 Madrasah Salafiyah III Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta”. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Hakim, Arif Rahman, “Mempermudah Pelajaran Ilmu Nahwu pada Abad 20”, Jurnal Al-Maqovis, Vol. 1, No. 1, Januari-Juli 2013.

Hasyim, Abdul Wahid, Lamḥatun Naẓar fi Gayatil Ikhtishor, Yogyakarta: Yayasan Bina Anak Sholeh, 2015.

Indra, Dolly dan Ahmad Toni, “Efektivitas Komunikasi Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Skema Kerja Work from Home”, CARAKA: Indonesia Journal of Communication, Vol. 3, No. 3, 2022.

Ma'rifatun, “Strategi Pembelajaran Nahwu Saraf di MA Pondok Pesantren”, Jurnal Kajian Islam dan Studi Islam, Vol. 2, No. 2, Desember 2019.

Munip, Abdul, et.al, Pedoman Penelitian Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Muradi, Ahmad, “Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia,” Jurnal Al-Maqovis, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2013

Nasution, M. Irwan Padli, “Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning pada Sekolah Dasar”, Jurnal Iqra’, Vol. 10, No. 01, Mei 2016.

Ni’mah, Siti Jaroyatun dan Muhammad Nasiruddin, “Efektivitas Kitab Al-Arabiyyah Li Al-Ansyi’in untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah dan Kalam di Kelas 1 Marhalah 2 Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta”, Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. II, No. 2, April 2020.

Nilamsari, Natalina, “Memahmi Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif”, Wacana, Vol. 13, No. 2, Juni 2014.

Nurjanah, Dewi Vivi, “Efektivitas Pembelajaran Nahwu dengan Menggunakan Kitab Nahwu Langkah I dan II di Pondok Pesantren Fadlun Minnallah, Wonokromo, Bantul”, Skripsi Pendidikan Bahasa Arab, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2014.

Nursalim, Manajemen Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: Hikam Media Utama, 2018.

Rahmadi, Pengantar Metode Penelitian, Banjarmasin: Antasari Press, 2011.

Razin, Abu dan Ummu Razin, Ilmu Nahwu untuk Pemula, Yogyakarta: Pustaka BISA, 2015.

Rosyidi, Abd Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press, 2011

Rukajat, Ajat, Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Sari, Ana Wahyuning, “Analisis Kesulitan Pembelajaran Nahwu pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016”, Lisanul Arab, Vol. 6, No. 1, Juni 2017.

Setyawan, Dodiet Setyawan, Petunjuk Praktikum Uji Normalitas Data dengan SPSS, Klaten: Tahta Media Group. 2021.

Setyosari, Punaji, “Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas,” Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 1, Oktober 2014.

Setyosari, Punaji, Desain Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Shofwan, M. Sholihuddin, Al-Faraid An-Nahwiyah Pengantar Memahami Nadzom Al-Imrithi, Jombang: Darul Hikmah, 2006.

Sofi, Irfan, “Efektivitas BLT Dana Desa dalam Pemulihan Ekonomi di Desa”, Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara, dan Kebijakan Publik, Vol. 6, No. 3, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Bandung: Alfabeta, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2019.

Suparman, “Implementasi Pembelajaran Kitab Lamhatun Nadhor dalan Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab pada Siswa MTs. Terpadu Muwahidun Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017”, Tesis Manajemen Pendidikan Islam, Kudus: IAIN Kudus, 2019.

Susilo, Joko dan Akhmad Aufa Syukron, “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Kitab Al-Mahir untuk Mencapai Kompetensi TOSA (Test Of Standard Arabic) Mahasiswa Pusat Pengembangan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta,” Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 5, No. 2, Desember 2022.

T., Siti Asiah, “Efektivitas Kinerja Guru”, TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2, Agustus 2016.

Usmadi, ”Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas)”, Inovasi Pendidikan, Vol. 7, No. 1, Maret 2020.

Winkel, W.S, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2012.

Yunisa, Melinda, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi,” AD-DHUHA: Junal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, Vol. 3, No. 2, Juni 2022.

Zamanun, Sayati, “Efektivitas Pembelajaran Kitab Imrithy Tegalrejo di Kelas Awaliyah 1 Pondok Pesantren Al-Luqmanyah Yogyakarta”, Skripsi Pendidikan Bahasa Arab, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles