Pendidikan Karakter Islam: Internalisasi Nilai Pancasila dalam Kepribadian Siswa Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-04Keywords:
Pendidikan Karakter Islam, Nilai Pancasila, Kepribadian Siswa, Covid-19Abstract
Pendidikan karakter islam merupakan pola pendidikan yang melibatkan keteladanan guru untuk membiasakan kebiasaan baik pada peserta didik. Hal tersebut terhalangi dengan adanya pendidikan jarak jauh akibat pandemi. Melalui penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter pada peserta didik pasca pandemi Covid-19 di SMAN 01 Bantan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat guru, empat orang tua wali, dan empat siswa kelas satu di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bantan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik induktif interaktif. Sehingga diperoleh hasil yaitu dengan melakukan kolaborasi dengan orang tua pihak sekolah masih bisa menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik seperti mampu menanamkan nilai religius, kedisiplinan, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, kerja keras dan jujur. Hal tersebut diusahakan dengan membuat program-program khusus pasca pandemi COVID-19 yaitu salat duha, membantu orang tua, tilawah dan hafalan alquran, shalat berjamaah serta olahraga
Downloads
References
Abdurrahman, Muhammad. Pendidikan Karakter Bangsa. 1. Banda Aceh: ‘Adnin Foundation Publisher, 2018.
Abdusshomad, Alwazir. “Pengaruh Covid-19 Terhadap Penerapan Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 2 (June 3, 2020): 107–15. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407.
Adityo, Rayno Dwi. “Geneologis Nilai-Nilai Islam Dalam Pancasila Dan UUD 1945.” Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 2, no. 2 (December 28, 2017): 485–522. https://doi.org/10.25217/jf.v2i2.147.
Asrori, Muhamad Abdul Roziq. “INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA YANG BERBASIS PADA LINGKUNGAN SEKOLAH.” Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.334.
Choli, Ifham. “Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (May 13, 2020): 55–66. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.831.
Daradjat, Zakiah, A. Sadali, Yusuf Amer Feisal, Ishaq Abdulhaq, Mustofa Muchsin, and Miftah Faridl. “Dasar - Dasar Agama Islam,” December 2, 2019. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/75719.
Diamantina, Amalia, Fifiana Wisnaeni, Retno Saraswati, Ratna Herawati, and Sekar Anggun. “KAJIAN YURIDIS MATERI MUATAN UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2009 TERHADAP NILAI-NILAI PANCASILA.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, April 29, 2021, 98–110. https://doi.org/10.52738/pjk.v1i1.24.
Febriyanto, Budi, Dewi Siti Patimah, Ayu Putri Rahayu, and Euis Intan Masitoh. “Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah.” Jurnal Elementaria Edukasia 3, no. 1 (April 30, 2020). https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2107.
Gillibrand, S., P. Hine, R. Conyers, J. Gravestock, C. Walsh, A. McAvoy, and C. Sanders. “‘Take a Walk in Someone Else’s Shoes’: The Role of Participatory Arts for Health Research Development and Training.” Research Involvement and Engagement 9, no. 1 (2023). https://doi.org/10.1186/s40900-023-00441-6.
Ginting, Sanhedrin, and Yulia Anita Theresia Siagian. “Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dengan Karakter Siswa Di SMP Swasta HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020.” JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 2, no. 1 (June 12, 2020): 54–75.
Hasanudin, Agus Salim, and Setiawati, eds. Al-Qur’an Hafalan Hafazan 8: Metode Hafalan Al-Qur’an Super Mudah 8 (Delapan) Blok Dalam 1 (Satu) Halaman. Jakarta: Al-Qosbah, 2021.
Hasibuan, Abdul Aziz, Darwyan Syah, and Marzuki Marzuki. “Manajemen Pendidikan Karakter Di SMA.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 02 (December 17, 2018): 191–212. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230.
Intania, Enika Vera, and Sutama Sutama. “The Role of Character Education in Learning during the COVID-19 Pandemic.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 13, no. 2 (November 1, 2020): 129–36. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32979.
Kaelan. Pendidikan Pancasila : Pendidikan Untuk Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila, Rasa Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Sesuai Dengan SK. Dirjen Dikti NO. 43 / Dikti / Kep / 2006 Sesuai Dengan KKNI Bdg PT 2013. Yogyakarta: Paradigma, 2016.
Karmedi, Muhammad Ihsan, Firman Firman, and Rusdinal Rusdinal. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19.” Journal of Education Research 2, no. 1 (February 18, 2021): 44–46. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45.
Khosiah, Nur. “Implementasi Nilai-nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas – Probolinggo.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 6, no. 1 (March 24, 2020): 84–100. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3818.
Lajim, Kondidus. “Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Di SMP Pada Masa Pandemi C – 19.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 7, no. 1 (January 3, 2022): 14–27. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2628.
Lickona, Thomas. Education for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Batam Books, 1991.
———. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Ni’mawati, Ni’mawati, Fitri Handayani, and Aan Hasanah. “Model Pengelolaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Pada Masa Pandemi.” FASTABIQ : JURNAL STUDI ISLAM 1, no. 2 (November 26, 2020): 145–56. https://doi.org/10.47281/fas.v1i2.26.
Nurchaili --. “Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16, no. 9 (October 10, 2010): 233–44. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.515.
Purnomo, Halim, Firman Mansir, Tumin Tumin, and Suliswiyadi Suliswiyadi. “Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Tarbiyatuna 11, no. 1 (June 1, 2020): 91–100. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3456.
Putri, D.A., & Prasetyo, A. “Persepsi Guru Tentang Hambatan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila.” 2020, n.d., 79–90.
Rahayu, S., & Utami, W. “Implementasi Program Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pada Siswa Sekolah Menengah.” 2019, n.d., 149–62.
Rahim, Rian Nurizka dan Abdul. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7, no. 1 (January 3, 2020): 38–49. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.478.
Rijali, Ahmad. “ANALISIS DATA KUALITATIF.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (January 2, 2019): 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Sajadi, Dahrun. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (November 6, 2019): 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510.
Semadi, Yoga Putra. “Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 2, no. 2 (June 30, 2019): 82–89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286.
Sianturi, Yohana R. U., and Dinie Anggraenie Dewi. “Penerapan Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari Hari dan Sebagai Pendidikan Karakter.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 1 (May 12, 2021): 222–31. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452.
Sihombing, Rizky Agassy, and Pristi Suhendro Lukitoyo. “Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, no. 1 (November 14, 2021): 49–59. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31426.
Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 1 (October 4, 2011). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.
Sugiyono. Cara Mudah Menyusun: Skripsi,Tesis, dan Disertasi. Edited by Apri Nuryanto. Cet.4. Bandung: Alfabeta, 2016.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. 2. Jakarta: Visimedia, 2007.
Zuriah, Nurul. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 6, no. 1 (June 30, 2021): 12–25. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.