Belajar Efektif dan Efisien untuk Problem Belajar Siswa yang Berprestasi Rendah
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-08Keywords:
Efektif, Efisien, Masalah Belajar, Prestasi Belajar RendahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap permasalahan yang dialami siswa SD, SMP dan SMA. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan, dengan pendekatan dokumentasi. Di sisi lain, informasi yang diperoleh dari tulisan, jurnal, artikel, buku kemudian dianalisis. Dari hasil analisis tersebut, peneliti mendeskripsikan beberapa keterampilan untuk metode pembelajaran yang efektif dan efisien untuk diterapkan pada siswa SD, SMP dan SMA. Efektif adalah mampu mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata efektif berarti ada efek (akibatnya efek, kesan); Pengertian kata efektif adalah pencapaian tujuan secara tepat atau pemilihan tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan metode dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lain. efisien adalah menghemat tenaga dan biaya waktu, memperoleh hasil yang maksimal tanpa mengeluarkan banyak. "tidak menyia-nyiakan waktu, tenaga, biaya), mampu melaksanakan tugas dengan tepat dan hati-hati, efisien , efisien. Cara pembelajaran yang efektif dan efisien adalah 1) mengatur waktu belajar, 2) memilih tempat belajar, 3) menggunakan sarana dan prasarana belajar, 4) membuat review materi, 5) mengadakan diskusi, 6) dan membuat kesimpulan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan untuk mengubah cara belajar dengan hasil yang maksimal.
Downloads
References
Angranti, Wiwik. 2016. Problematika Kesulitan Belajar Siswa, jurnal Gerbang etam, vol. 10, No. 1 Tahun.
Azmi, Muhamad Khairul. Satutik Rahayu Hikmawati. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume II No 2, April 2016.
Bunga, A. Cara-Cara Belajar Yang Berhasil Untuk Siswa Sma Dan Smk , Al-Khwarizmi, Vol.I, Maret 2013.
Elgi Syafni dkk. Masalah Belajar Siswa Dan Penanganannya.
Ernita, Tiara. Fatimah, Rabiatul Adawiyah. Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Banjarmasin, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, Mei 2016.
Ismail. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah, jurnal Edukasi, Vol, 2. No 1. 2017.
Nurdin, Ali Gaya. 2019. Belajar Santri Milenial. Sukabumi: CV jejak.
Ruswanto. Pengaruh Cara Belajar Siswa Dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Smk Negeri Di Kabupaten Subang.
Syafni, Elgi. Yarmis Syukur, Indra Ibrahim. Masalah Belajar Siswa Dan Penanganannya, Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 2, Nomor 2,Juni 2013.
Suwardi, Cara Belajar Efektif Dan Efisien.
Taquette, Stella Regina and Maria Cecília Minayo. ‘An Analysis of Articles on Qualitative Studies Conducted by Doctors Published in Scientific Journals in Brazil between 2004 dan 2013 Physis: Revista de Saúde Coletiva, 27 2017.
Tiara Ernita, Fatimah, Rabiatul Adawiah , Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Banjarmasin, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, Mei 2016.
Wiradi, Muzayyinah, Maridi. Pengaruh cara belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologis siswa kelas II SMUN Colomadu Karanganyar, Bioedukasi, Vol, 2. No, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.